SPACE IKLAN

header ads

Bupati Lombok Utara Bersama Deputi Perpusnas RI, Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan

Berita Nasional
HEADLINE NEWS
Oleh. Dvd
Editor. L. Muhasan. 
Jumat 14 Januari 2022.

Lombok Utara - Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH bersama Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Nasional RI Drs. Deny Korniadi, M.Hum meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Lombok Utara bertempat di Desa Gondang Kecamatan Gangga (13/1). Turut hadir Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto R,. S.T., M.Eng, Unsur Forkopimda KLU, Pj.Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi SSTP MM,Kadis Perpustakaan NTB Julmansyah SHut MAP, Para Staf ahli Bupati,Asisten I Setda KLU Drs. H. Raden Nurjati, para Kepala OPD, Ketua GOW KLU Yunita Aprilina Danny Karter F.R, Para Camat serta Undangan lainnya.

Untuk memudahkan masyarakat Lombok Utara dalam mengakses buku ataupun bahan bacaan serta untuk meningkatkan literasi masyarakat, perpustakaan Daerah KLU sudah menyediakan layanan perpustakaan berbasis digital yang diberi nama e-pustakalotara.

Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Perpusnas RI Deny Korniadi menyampaikan, selamat atas rampungnya pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan KLU yang kabarnya merupakan gedung layanan termegah di Lombok Utara. 

"Perpusnas mengucapkan selamat atas terselesaikannya pembangunan Gedung Perpus KLU," ujarnya.

Menurut nya, program digitalisasi amat diperlukan, selain untuk kemudahan akses digitalisasi diharapkan mampu menarik minat pembaca terutama para generasi milenial. 

"Pesan saya  setelah diresmikannya Perpustakaan ini, akan ada promosi dan sosialiasi tentang keberadaan perpustakaan di KLU,"ucapnya.

Sementara itu Bupati Djohan menyampaikan bahwa gedung atau ruangan perpustakaan adalah bangunan yang sepenuhnya diperuntukkan bagi seluruh aktivitas sebuah perpustakaan untuk memberikan layanan prima pada pemustaka ataupun masyarakat demi  meningkatkan indeks pembangunan literasi masyarakat Lombok Utara.

 "Tujuan pembangunan gedung ini adalah untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat, " ujarnya.

Gedung Perpustakaan memiliki dua lantai  adapun sumner dananya Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan sub Bidang Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan nilai pagu sebesar 10 Milyar.

 "Lewat Kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden, Menteri Keuangan, Kepala Perpustakaan RI dan seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembangunan gedung Perpustakaan,"ucapnya.

Ia berharap, dengan diresmikannya Layanan Gedung Perpustakaan nantinya dapat memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat di KLU, terutama anak-anak  yang masih mengemban pendidikan.

Pada kesempatan yang sama Plt. Kepala Dinas Perpusarsip  KLU Kawit Sasmita  dalam laporannya menerangkan bahwa jumlah koleksi buku yang tersedia sekitar 13500 buku berbentuk fisik dan lebih dari 1000 judul buku berbasis online.

 "Sampai saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan masih berupaya mendorong warga untuk gemar membaca jika mengacu dari tingkat kunjungan ke perpustakaan  masih terbilang rendah,"tuturnya.

Dalam upaya meningkatkan literasi  masyarakat Dinas Perpusarsip KLU juga membuat Inovasi yaitu layanan berbasis online yang bisa diakses oleh kita semua di Play Store yang diberi nama  e-pustakalotara  keberadaannya nanti diharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat Lombok Utara.

Sebelum peresmian gedung Perpustakaan dilakukan serah terima plakat dan buku adapun presmian Gedung Perpustakaan ditandai dengan pemotongan Pita serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Lombok Utara bersama Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Nasional RI yang disaksikan oleh  para undangan.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar