SPACE IKLAN

header ads

KKN Universitas Mataram Desa Korleko, Tekan Penyebaran Covid Lewat Vaksin

HEADLINE NEWS
Oleh. Abd
Rabu 9 Februari 2022.

Mataram - Covid mulai tersebar di Indonesia tahun 2019 sampai dengan sekarang. Kesehatan masyarakat menjadi urgensi utama di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia hampir tiga tahun belakangan. Isu yang sangat fundamental ini terus ditingkatkan kualitasnya melalui berbagai upaya. Di era pandemi seperti ini, vaksin sangat diperlukan untuk meratakan antigen virus corona yang tersebar di beberapa wilayah tidak hanya dengan menggunakan 5M ( mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas). Vaksin yang di lakukan saat ini merupakan salah satu program pemerintah yang diberikan kepada masing-masing puskesmas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang diikut serta bersama Babinsa dan bhabinkamtibmas guna mempercepat pemerataan Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.

KKN Universitas Mataram dengan tema Desa Tanggap Bencana dihadirkan di Desa Korleko sebagai salah satu upaya untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

“Tema KKN yang kami dapatkan dari Universitas Mataram adalah desa tanggap bencana. Bencana yang dihadapi saat ini khususnya di korleko yaitu kami melihat bencana covid-19 yang sedang maraknya. Oleh karena itu kami ingin melakukan pengabdian kepada masyarakt dalam hal penanggulangan covid-19” ujar Erwin saputraji ketua KKN Unram Desa Korleko, Rabu, (10/02/2022). 

Desa Korleko yang merupakan salah satu desa yang terdampak covid, telah menjalankan vaksin sebagai penanggulangan covid-19 ini. Kegiatan vaksin Desa Korleko ini dilakukan secara terjadwal yaitu kamis dan sabtu dengan dirolling di setiap dusun sampai dengan tujuh dusun untuk masyarakat Desa Korleko baik vaksin dosis 1 maupun dosis 2. Untuk persyaratan pendaftaran vaksinasi masyarakat diwajibkan membawa KTP dan kartu vaksin apabila akan vaksinasi tahap kedua. Jenis vaksin yang diberikan oleh puskesmas Desa Korleko kepada masyarakat yaitu Sinovac, Moderna, AstraZeneka dan Vfizer. Selain melakukan vaksin pada masyarakat umum, kegiatan juga vaksin di laksanakan disekolah. Sekolah yang terkhusus yaitu pada sekolah dasar (sd) yang berada di Desa Korleko. 

Salah satu petugas puskesmas dayat mengatakan tujuan vaksin. “vaksin ini untuk menjaga kekebalan daya tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit tetapi setelah munculnya penyakit omecron bisa membuat penularan lambat akibat dari vaksin sebelumnya,” ungkapnya.

Dalam pengabdian ke masyarakat, Mahasiswa KKN tematik Unram membantu pihak kesehatan yaitu puskesmas dalam kegiatan vaksin. Pihak puskesmas merasa terbantu atas kehadirannya mahsiswa KKN hal ini di sampaikan oleh dayat.

“Dengan adanya mahasiswa yang KKN di korleko bisa membantu kami dalam pelayanan vaksin baik dalam bentuk administrasi dan bisa membantu menghendel masyarakat sehingga  pelaksanaan vaksin nya berjalan lancar,” terangnya.

Lanjutnya, Dayat mengatakan Kegiatan vaksinasi di Desa Korleko berjalan cukup lancar.

“Alhamdulillah, vaksin yang kami selenggarakan di korleko lumayan bisa berjalan lancar walaupun 20% masyarakat yang tidak mau divaksin sampai-sampai kita dor to dor ke rumah masyarakat,” ujarnya.

Dengan pengadaan vaksinasi door to door ini diharapkan dapat menambah kesadaran masyarakat sekitar untuk ikut andil dalam pelaksanaan vaksinasi,"Kami harap semoga bisa membantu terputusnya rantai virus corona yang melanda beberapa negara hampir 3 tahun ini" harap dia. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar