SPACE IKLAN

header ads

Lahan Gundul di Bima, DLH Sediakan Alternatif

HEADLINE NEWS
Oleh. Ipul
Senin 7 Februari 2022.

Bima - Dinas Lingkungan Hidup   (DLH) kabupaten Bima telah menyiapkan  bibit pohon untuk masyarakat ditanam, dalam lahan Gunung yang sudah gundul, dikebun maupun dipinggir jalan untuk mengurangi luasan lahan kritis di bima.

Kabid DLH kabupaten bima, Irmalashari,ST.,M.Si, dikonfirmasi awak media ini dilokasi pembibitan, senin (07/02/22) akan mengimbau juga lahan yang layak untuk ditanam bibit pohon yang disediakan jangan sampai asal tanam

Pemerintah terus mendorong usaha masyarakat agar peduli lingkungan dengan menanam dan memelihara  pohon sepanjang hidupnya.

Lanjut Irma, "luasan lahan yang gundul hampir tiap kecamatan, menurutnya diperlukan gerakan secara massif untuk mengurangi bahkan menutup seluruh lahan yang sudah gundul itu.

"Sehingga risiko kerugian seperti bencana banjir, tanam longsor maupun berkurangnya kapasitas air dalam tanah serta menurunnya mutu udara, dapat ditekan. Gerakan menanam pohon itu, telah menjadi gerakan nasional yang didasari surat Menteri LHK nomor 358 tahun 2017.

“Kami terus memberikan stimulan berupa bantuan bibit pohon penghijauan. Tahun depan, juga kita sediakan bibit pohon secara gratis yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas lahan penghijauan,” tuturnya.

menambahkan, Irmalashari, saat musim penghujan seperti ini sangat tepat untuk memulai menanam pohon penghijauan. Gerakan menanam pohon ini dinilai penting untuk terus menggelorakan semangat kepedulian masyarakat akan pentingnya menanam dan merawat pohon.

“Harapannya akan semakin banyak  masyarakat di sini yang ikut membantu melestarikan lingkungan dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya semakin bagus, "katanya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar