SPACE IKLAN

header ads

Tim SAR Latihan CSSR Antisipasi Jika Terjadi Gempa Saat Event MotoGP 2022

HEADLINE NEWS
Oleh. WB
Jumat 11 Maret 2022.

Mataram - Gempa bumi berkekuatan 5,5 SR dengan kedalaman 10 KM terjadi di perairan barat pulau Lombok, pada Kamis (10/3/2022) pagi. Akibatnya sebuah rumah yang sedang direnovasi roboh di Desa Beleke. Ferdi (35), seorang tukang bangunan asal Merembu Labuapi yang sedang bekerja dilaporkan tertimpa reruntuhan bangunan. 

Tim rescue Kantor SAR Mataram menemukan korban dalam posisi tidur dan tertimpa beton dibagian kaki. Sebelumnya tim rescue harus menyingkirkan beton yang menghalangi akses ke korban dengan cara Cutting, Breaching dan Breaking. Selanjutnya dilakukan stabilisasi dan evakuasi korban ke Rumah Sakit Umum Daerah Gerung dengan menggunakan mobil ambulance untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Kejadian tersebut merupakan rangkaian simulasi CSSR (colapse structure and rescue) atau penanganan korban reruntuhan yang diselenggarakan oleh Kantor SAR Mataram dalam mendukung event MotoGP. Sebagai langkah antisipasi bencana alam gempa bumi saat balap internasional tersebut berlangsung, mengingat Negara Indonesia terletak di atas tiga lempeng bumi yakni Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Indo-Australia. Sehingga dibutuhkan latihan SAR untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal dan profesional. 

“Kita latihkan terkait bencana gempa bumi yang mengakibatkan korban tertimpa reruntuhan dengan penanganan sesuai SOP (Standard Operating Procedure),” kata Nanang Sigit PH Kepala Kantor SAR Mataram usai membuka rapat koordinasi (rakor) dan latihan SAR pada Rabu (9/3/2022) di Lombok Barat.

Sejalan dengan tujuan latihan SAR, digelarnya rapat koordinasi merupakan wujud sinergitas antara Basarnas dengan instansi/pihak terkait  untuk mendapatkan kesamaan pola pikir dan pola tindak.

“ Rakor sendiri juga diarahkan ke kesiapan itu juga (MotoGP), kesiapan antar instansi maupun tim lain, saling koordinasi, dan bekerja sama,” imbuhnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar