SPACE IKLAN

header ads

Memastikan Eksistensinya Kepada Suara Rakyat, BEM se-Solo Raya Akan Unjuk Rasa

Oleh. Mell. 
Rabu 13 April 2022.

Solo - Melalui Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Solo Raya, Widi Adi Nugoro Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se- Solo Raya memastikan pada 14 April 2022 akan melakukan aksi demontrasi di Kota Solo, Jawa Tengah.

Widi mengatakan, pelaksanaan demontrasi bakal melakukan long march dari Perempatan Ngarsopuro menuju Bundaran Gladak, Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah.

Rencananya, long march akan diikuti sekitar 20 kampus dari Solo Raya pada pukul 14.00 WIB sampai selesai. Setelahnya, mereka akan menggelar orasi dengan tiga tuntutan desakan kepada pemerintah.

"Massa sekitar 700 sampai 1.000 mahasiswa. Ini aksi lanjutan demo BEM SI (Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia), " kata Koordinator BEM se-Solo Raya, Widi Adi Nugoro, Rabu (13/4/2022).

"Pertama, mendesak pemerintah untuk menstabilkan harga minyak goreng dan bahan pokok lainnya. Kedua, mengkaji ulang kenaikan BBM (bahan bakar minyak) serta mendesak pemerintahan untuk ketersediaan BBM. Ketiga, mengkaji ulang undang-undang IKN (ibu kota negara)," jelasnya.

Widi menjelaskan, para mahasiswa diimbau mengenakan dresscode almamater kampus masing-masing. "Isu nasional yang akan kita suarakan," ungkapnya.

Dia mengaku telah melakukan antisipasi dan koordinasi untuk menyikapi antisipasi agar tidak terjadi bentrokan atau ricuh seperti yang di Jakarta.

"Sudah kita siapkan tim yang dekat aparat, ketika ada orang di luar kita ada yang anarkis kita amankan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Polresta Solo (Kapolresta) Solo Komisaris Besar (Kombes) Ade Safri Simanjuntak mengatakan akan melakukan pengamanan atas aksi tersebut.

Pernyataan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang akan ikut dalam demonstrasi mahasiswa di wilayahnya, dinilai BEM se-Solo Raya hanya gimik semata.

Sebelumnya, Gibran secara terbuka meminta dikabarkan waktu demonstrasi itu jika benar terselenggaranya aksi tersebut.

"Nek ono demo (kalau ada demo) menolak tiga periode arep melu (akan ikut). Kandanono (kasih tahu saja)," kata Gibran di Pasar Legi Kota Solo, Selasa (12/4/2022).

Menanggapi itu, Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Solo Raya, Widi Adi Nugoro tak berharap banyak atas kedatangan Wali Kota Solo itu.

"Saya kira gimik saja dari Mas Gibran," kata Widi "terlebih isi yang kami tuntut tidak seperti yang Mas Gibran ucapkan". 

Widi menambahkan, secara garis besar dalam aksi tersebut ada tiga tuntutan dari para mahasiswa, di mana mereka mendesak pemerintah menstabilkan harga Minyak Goreng serta bahan pokok lainnya.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar