SPACE IKLAN

header ads

SMK Negeri 1 Sekotong Suskes Menghantarkan Alumninya Kerja di Kapal

Oleh. Ils.
Sabtu 16 April 2022.

LOMBOK BARAT - Sekotong, terkait data yang ada itu adalah alumni SMK Negeri 1 Sekotong kompetensi keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) angkatan pertama, alhamdulillah dengan upaya dan ikhtiar mereka, kami dekatkan mereka dengan Perusahaan yang berkopeten dan kami arahkan untuk meningkatkan skilnya melalui kelengkapan sertifikat kelautan untuk kopetensi pelayaran mereka sehingga akan gampang mendapatkan pekerjaan, ungkap Sulman Haris S.Ag.,M.Pd.I selaku Kepala SMK Negeri 1 Sekotong. (14/4/2022).

" Sebelum ini, pasca mereka melaksanakan prakrin di Benoa dengan Bantar Nelayan sekitar 6 sampai 9 bulan, pengalaman mereka berlayar dari mulai Bali sampai ke Papua, Maluku dan seterusnya, itu cukup memiliki kekuatan khusus, mereka bisa melakukan itu dengan sangat baik dan bahkan sekembalinya mereka dari tempat prakrin mengantongi hasil kerja dari angka 10,15 bahkan ada 20 Juta lebih, saat mereka balik dari tempat prakrin selama 6 sampai 9 bulan itu," jelasnya.

Seiring perkembangan maritim atau SMK Maritim, dalam perjalanan kami bertemu dengan putra daerah Kapten Febrian yang biasa dipanggil Kapten Wawan yang mendirikan LKP MMC (Mandalika Maritim Center) yang ada di eks triguna, kami datangkan para ahlinya di bagian maritim untuk bisa membaca peluang dan tantangan. 

" Pertama kami ajak beliau (Kapten Wawan) untuk memberikan sosialisasi kepada orangtua peserta didik dan menyampaikan bahwa tidak cukup hanya ijazah kalau maritim, namun harus memiliki sertifikat-sertifikat selain BST dan buku laut yang mereka harus dapatkan sehingga mereka bisa terserap didunia kerja dan dunia usaha." Katanya. 

" Selepas mereka sekolah, kami arahkan mereka untuk mengikuti beberapa diklat, alhamdulillah pasca itu mereka langsung bisa di rekrut baik di kapal tangker maupun dikapal-kapal lain seperti contoh di KM Kalimas Utama 1 orang menjadi Koki magang, menjadi Juru Mudi magang di beberapa Kapal seperti KM Mitra Sejatra 2, KM Gulf Daud, KM Sinar Nusantara 11, KM Santusa 8, KM Mitra Anugrah, KM Berlian Utama, KM Sanprensisco, KM Asia Putra, KM Bahagia Sejahtera, sedangkan KM Artomoro ada 1 orang menjadi Oliman magang," pungkasnya.

9 alumni kami seluruhnya terserap 100%, alhamdulillah itu berkat perjuangan teman-teman tim NKPI Bapak Ardyen Saputra S.Pi M.Si selaku Kepala Jurusan, ada Bapak Supriadi dan Bapak Fathurahman yang getol memberikan motivasi.

" Saya selaku Kepala Sekolah merasa sangat bersyukur, harapan kami bukan hanya jurusan ini namun dijurusan lain juga bisa berkembang lebih baik, alhamdulillah ini betul-betul menjadi sebuah harapan bagi kami agar semua alumni bisa terserap didunia kerja," tutupnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar