SPACE IKLAN

header ads

Lombok Barat Targetkan Juara ADWI 2022

Oleh. Lalu Emmy.
Rabu, 11 Mei 2022.

LOMBOK BARAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat (Lobar) serius targetkan Desa Wisata Buwun Sejati menjadi juara dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun ini.

Hal ini ditunjukkan melalui rapat persiapan penilaian ADWI 2022 yang dipimpin langsung oleh Asisten 1 Setda Lobar Agus Gunawan, Inspektur Lobar Hademan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi dan Kadispar Lobar H. M. Fajar Taufik yang bertempat di Aula Kantor Dispar Lobar pagi tadi, Selasa (10/5/2022).

Wakil dari Lombok Barat yakni Desa Buwun Sejati saat ini telah mencapai 50 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 dan dalam waktu dekat akan melalui penilaian kembali untuk penentuan juara.

"Tahun lalu Desa Sesaot mampu sampai di peringkat empat nasional, tidak main-main itu, tahun ini kita targetkan juara buat Buwun Sejati," ucap Agus Gunawan.

Target juara menjadi sangat realistis melihat persiapan yang sudah dilakukan Desa Buwun Sejati dan berkolaborasi dengan stakeholder yang ada bisa dikatakan sudah sangat baik.

"Saat berkunjung dengan Bupati ke Buwun Sejati, beliau yakin kita bisa juara, tinggal bagaimana sekarang kita keroyok Buwun Sejati ini, kita poles hal-hal yang masih kurang, seperti penataan lapak-lapak dan lainnya, dan itu harus kita lakukan bersama," lanjutnya.

Rapat persiapan sendiri dihadiri oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daeran (OPD) Lobar seperti kepala Bappeda H. A. Saikhu, Kepala Disperindag H. Muhur, Kadis PMD Heri Ramdhan, Kadis Perkim Baharuddin Bagya, Kepala Sat Pol PP Bq. Yeni S Ekawati, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Perwakilan Diskominfo, Camat Narmada M. Busyairi, Kades Buwun Sejati Muhidin serta Kades Sesaot Yuni Hari Seni dan sejumlah perwakilan OPD lainnya. Hadir juga DR Sri Susanti dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram, Kepala Bank NTB Syariah Cabang Gerung serta perwakilan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Barat.

Keseriusan yang ditunjukkan pemkab Lobar ini disambut baik oleh Kadispar Prov. NTB. Yusron Hadi.

"Alhamdulillah kita lengkap sekali hadir di sini, itu artinya kita sangat serius untuk  berkolaborasi, ini sangat bagus ya," cetus Yusron.

Ia menilai apa yang dilakukan Lobar sampai saat ini sangat tepat dengan melibatkan OPD dan stakeholder yang ada untuk mendukung dan menguatkan Desa Wisata.

"Sama seperti yang kami (pemprov NTB) lalukan saat mendukung Desa Tetebatu dalam ajang UNWTO, kami turunkan 18 perangkat daerah untuk berkolaborasi, dan saya kira akan lebih kuat lagi kalau sekiranya kolaborasi ini bisa di SK-kan oleh pak Bupati," ujarnya.

Setelah ada SK, Yusron berharap kolaborasi ini nantinya tidak semata hanya berkaitan dengan dukungan terhadap Desa Buwun Sejati namun juga untuk mendampingi desa-desa wisata lainnya untuk maju dan berkembang.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan rencana penataan kawasan wisata di tiga desa yang ada di Kecamatan Narmada yakni Desa Sesaot, Desa Pakuan dan Desa Buwun Sejati.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar