SPACE IKLAN

header ads

Forum Wartawan Lombok Barat Gelar Latihan Jurnalistik di Desa Perampuan dengan Tema " Melek Literasi dan Konvergensi Media Digital"

Sekda Lobar Dr H Baehaqi bersama Kadis Kominfotik Lobar Ahad Legiarto, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Arif Rachman dan Kades Perampuan HM Zubaidi saat membuka pelatihan jurnalistik yang digelar Forta, Rabu (24/8) di kantor desa Perampuan.

Oleh.ll
Rabu 24 Agustus 2022.

LOMBOK BARAT -- Forum Wartawan (Forta) Lombok Barat bersama Pemdes Perampuan menggelar pelatihan jurnalistik, Rabu (24/8). Kegiatan yang bertajuk melek literasi dan konvergensi media digital sekaligus dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 77 itu melibatkan perangkat desa se kecamatan Labuapi. Perangkat desa dibekali bagiamana menjual potensi desa masing-masing melalui sebuah tulisan, foto dan video. 

Acara dihadiri sekaligus dibuka oleh Sekda H. Baehaqi didampingi Kepala Dinas Kominfo Ahad Legiarto dan Arif Rachman, S.IP, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dan Kepala Desa Perampuan HM Zubaidi,M.Pd serta puluhan peserta dari perwakilan desa seluruh Kecamatan Labuapi di Aula pertemuan kantor Desa Perampuan. Pelatihan digagas Forta Lobar ini, bersinergi dengan Pemda setempat, BUMN, BUMD, BUMD dan pemerintah Desa Perampuan bertujuan membangun dan mengangkat potensi desa. 

Sekda mengatakan, dunia sekarang sudah tidak sama lagi dengan sepuluh tahun yang lalu. Sebab hari ini informasi itu bisa menembus semua batas dan informasi itu mampu menembus semua segmen. Untuk itu, penguasaan digital harus kompeten, sehingga apapun produk desa yang berpotensi, bisa  publis secara meluas untuk memantik animo pembaca.

"Saya apresiasi kepada peserta yang ada yang telah turut andil dalam pelatihan ini. Karena jangan lupa, dengan media digital tentu ada kaidah dan aturannya," ungkapnya.Menurutnya, zaman dulu dengan  mempromosikan wisata desa melalui radio dan TV harus mengeluarkan biaya. Tetapi sekarang justru gratis dengan media digital. Namun harus faham dulu literasi dan faham dulu konfergensi. "Inilah yang diharapkan dalam pelatihan bersama teman teman Forta. Karena informasi ini bisa menembus semua batas dan semua segmen, karena yang menjadi batas itu pengetahuan dan keterampilan," ujarnya.

Ia mendorong, desa itu harus lebih maju khusus desa-desa di Lobar. Caranya bagaimana,  tentu dengan giat mempromosikan potensi yang ada, harus dengan literasi, harus dengan kerjasama dan harus pahami arti konfergensi itu tadi. Supaya bisa mendatangkan tamu nusantara hingga luar negeri. "Kalau saja banyak tamu wisata di desa kita, maka otomatis perekonomian desa dan masyarakat, akan terbantu," jelasnya memotivasi. Sementara itu, Kades Perampuan mengutarakan, dengan perkembangan jaman saat ini, mulai dari media cetak, elektronik dan media daring, tentu harus memiliki kualitas SDM yang mumpuni sehingga media tersebut bisa menyajikan informasi yang injeksi dan bergizi. Maka seseorang harus dilatih terlebih dahulu terutama jurnalis dasar, harus bisa memahami cara kerja jurnalistik secara baik dan benar. Atas dasar inilah, pelatihan jurnalistik sekarang dilaksanakan. Dan sangat kebetulan sekali, giat hari ini dilaksanakan di Kantor desa Perampuan.

"Semoga kegiatan ini terus lanjut dan terus berkelanjutan dilain hari. Kami berharap bagi semua peserta bisa mengikuti secara seksama dan serap secara menyeluruh isi didalamnya," ujar Kades yang juga mantan aktivis ini. Ia juga mengapresiasi kegiatan yang digagas forta kerjsama dengan Pemdes ini. Menurutnya, Pemdes perlu melakukan upaya-upaya bagiamana mempublikasikan dan mensosialisasikan semua program serta potensi desa yang dimiliki melalui media desa maupun melibatkan wartawan. "Kami berharap desa-desa juga melakukan kegiatan pelatihan semacam ini, berkolaborasi dengan rekan-rekan wartawan,"imbuhnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar