SPACE IKLAN

header ads

Desa Kebon Ayu Gelar Festival "Nyelametang Gumi"

 

Desa Kebon Ayu Gelar Festival "Nyelametang Gumi".

Oleh. L. Emmy
Kamis 16 November 2022.

Lombok Barat, WARTABUMIGORA - Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid didampingi Ketua TP PKK Lobar Hj Khaeratun menghadiri acara Festival Budaya Tradisi Tahunan yang bernama Nyelametang Gumi) yang dirangkaikan dengan memperingati Satu Tahun usia Desa Wisata Kebon Ayu, bertempat di Wisata Alam Golden Melon, Desa Kebon Ayu, Kec. Gerung, Lombok Barat, Rabu (16/11).

Walaupun diguyur hujan kegiatan Festival Nyelametang Gumi di Desa Kebon Ayu ini berjalan dengan lancar.

Nyelametan Gumi di Desa Kebon Ayu merupakan bentuk rasa syukur petani desa atas hasil bumi yang didapatnya selama setahun terakhir. Selain itu Nyelametang Gumi ini menandakan akan dimulainya musim tanam padi pada periode selanjutnya.

Para istri atau anak petani menggunakan pakaian adat dan membawa makanan dengan menggunakan nampan besar (dulang). Makanan ini dibawa dengan jalan kaki dimulai dari kantor desa dan diiringi oleh musik Gendang Beleq sampai gamelan ke lokasi acara, kemudian dulang atau makanan tersebut disantap bersama-sama dengan bupati dan para tamu undangan lainnya.

Selain bupati acara tahunan ini juga dihadiri oleh Penjabat Sekda Lobar, H. Ilham, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, anggota DPRD Fraksi PPP Muhammad Ali, Kadis Pariwisata H. M Taufiq, Camat Gerung H. Mulyadi, Kades Kebon Ayu, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para tamu undangan lainnya.

Bupati H. Fauzan Khalid dalam sambutannya mengatakan, bahwa Festival budaya Nyelametang Gumi ini sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Desa Kebon Ayu ditambah lagi dengan adanya desa wisata insyaalah Desa Kebon Ayu tidak di tingkat nasional tapi sampai Internasonal dikenal,.

“Semoga kegiatan ini bisa terus dilestarikan dan dikembangkan dan semoga menjadi Calender of Event tahunan di Lombok Barat. Dan hal terpenting dari festival ini adalah sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi bagi masyarakat semuanya,” ucap Bupati Fauzan.

Ditambahkan Bupati Lobar dua periode ini, kita tahu bahwa budaya dapat menjadi salah satu daya tarik pariwisata ke depan. Melalui atraksi-atraksi budaya dapat menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Lombok Barat,” tuturnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar