SPACE IKLAN

header ads

Gempa di Cianjur, Turunkan Langsung Aparatur Sipilnya, Respon Cepat Gubernur Jawa Barat

 

Turunkan Langsung Aparatur Sipilnya, Respon Cepat Gubernur Jawa Barat.

Oleh. Mell
Selasa 22 November 2022.

Bandung, WARTABUMIGORA - Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jabar. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengimbau masyarakat waspada gempa susulan.

"Saya turut prihatin. Mudah-mudahan tidak banyak korban baik harta maupun jiwa. Kita terus waspada, biasanya gempa ini kan susul menyusul," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Senin (21/11/2022).Ridwan Kamil mengaku telah mendapat laporan mengenai kerusakan bangunan. Proses pendataan pun tengah dilakukan petugas di lokasi kejadian.

"Tentu secepatnya saya akan ke sana untuk melihat kondisi," jelasnya.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu juga menyampaikan kejadian gempa di Pangandaran sehari sebelumnya. Saat itu, ia tengah membuka acara Jabar Internasional Marathon 2022.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur pada Senin (21/11/2022) menimbulkan dampak cukup parah. Dilaporkan, banyak bangunan yang luluh lantak akibat gempa tektonik tersebut.

Di Desa Bunisari, Kecamatan Warungkondang tercatat puluhan rumah rusak. Setidaknya ada 50 rumah yang menurut BPBD Cianjur rusak akibat gempa tersebut. Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan gempa yang terjadi di Cianjur tergolong gempa dangkal. Sehingga besarnya guncangan membuat banyak bangunan rusak, bahkan roboh.

"Ya memang gempa dangkal dengan magnitudo/kekuatan yang cukup besar (di Cianjur)," ujar Rahayu dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar