SPACE IKLAN

header ads

DPRD Lombok Barat Sampaikan Pandangan Terhadap Keuangan RAPBD 2023

Dewan Sampaikan Pandangan Umum Fraksi Terhadap Nota Keuangan RAPBD 2023.

Oleh. L. Emmy
Kamis 17 November 2022.

Lombok Barat, WARTABUMIGORA - Rapat Paripurna DPRD Lobar dengan agenda Pandangan umum Fraksi Fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan RAPBD tahun 2023 dilaksanakan Hari Selasa, 15 Nopember 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Lombok Barat. 

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRS Lobar Hj Nurul Adha. Hadir dalam rapat paripurna ini Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, Wakil Ketua DPRD Hj. Nurul Adha, anggota DPRD Lobar, Pj Sekda Lombok Barat H. Ilham, asisten dan Kepala OPD. 

Pandangan umum fraksi fraksi DPRD ini disampaikan oleh Juru Bicara Fraksi Fraksi DPRD Hendra Haryanto. Dalam pandangab umumnya DPRD Lobar Hendra menyampaikan bahwa DPRD Lombok Barat berkomitmen untuk menghasilkan anggaran yang pro dan peduli pada kepentingan masyarakat. Ia mengatakan bahwa RAPBD kabupaten lombok Barat Tahun 2023 yang merupakan penjabaran dari KUA-PPAS yang telah dibahas dan disetujui oleh DPRD bersama Pemkab Lombok Barat melalui Sidang Paripurna DPRD Lobar. 

Hendra melanjutkan bahwa KUA PPAS APBD dan RAPBD Kabupaten Lombok Barat harus sesuai dan mengakomodir RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang telah disusun Secara Akuntabel. Ia mengatakan bahwa proses perencanaan pembangunan harus berkesinambungan dalam menerapkan prinsip-prinsip anggaran yang transparan. 

Tentunya penyusunan Anggaran harus memperhatikan beberapa aspek utama antara lain:

Pertama,Anggaran harus lebih memprioritaskan terwujudnya pelayanan publik yang prima dan Maksimal Kedua, Anggaran harus tetap diarahkan untuk membangkitkan semangat dan pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan iklim investasi yang sehat,serta pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang dan maju, sehingga membantu percepatan terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Ketiga, Anggaran yang ideal adalah anggaran yang pro rakyat dalam arti kepentingan rakyat menjadi prioritas utama yang harus dilaksanakan"

Sidang Paripurna ini berjalan dengan lancar walaupun mundur beberapa jam dari undangan. Dalam kesempatan ini fraksi fraksi DPRD menyampaikan sejumlah tanggapan dan pertanyaan terkait dengan RAPBD 2023.Selanjutnya DPRD akan menunggu tanggapan dan jawaban Kepala Daerah terhadap pandangan umum fraksi fraksi DPRD pada sidang paripurna hari Rabu, 16 Nopember 2022.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar