SPACE IKLAN

header ads

Jelang Tahun Baru, Satgas Pangan Polda NTB Dan TPID Pantau Harga Bahan Pokok

Satgas Pangan Polda NTB Dan TPID  Pantau Harga Bahan Pokok , Ada Yang Naik.

Oleh. WB
Selasa 27 Desember 2022.

MATARAM, WARTABUMIGORA - Satgas pangan  Ditreskrimsus Polda NTB dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan monitoring  ketersediaan stok kebutuhan pangan masyarakat menjelang Tahun Baru 2023.

Kegiatan monitoring oleh TPID diantaranya, Biro ekonomi, Dinas perdagangan , Dinas Ketahanan Pangan, Bulog, perwakilan BI NTB dan Satgas pangan Ditreskrimsus tersebut di dua  pasar yang ada di wilayah  Kota Mataram. 

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, mengatakan bahwa satgas pangan Polda NTB  bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan monitoring  ketersediaan stok kebutuhan pangan masyarakat menjelang Tahun Baru 2023.

, "Dua pasar yang dijadikan lokasi monitoring  oleh TPID dan satgas pangan yaitu pasar Pagesangan dan pasar Kebon roek Ampenan Kota Mataram, " ucapnya, Selasa (27/12/2022). 

Menurutnya dari hasil monitoring ada terjadi kenaikan harga  dari beberapa bahan pokok  diantaranya   telur ayam ras mengalami peningkatan mencapai Rp 55.000 -  60.000/ tere, kemudian  daging ayam ras dengan harga Rp 38.000/kg.

,"Selain ada kenaikan harga telor dan ayana ras, masih ditemukan minyak goreng, harganya melebihi HET yaitu Rp 15.000/ liter dari yang  sudah di tentukan oleh pemerintah yaitu Rp 14.000/ liternya,"ungkapnya.

Sementara itu untuk  tomat masih dijual dengan  harga mencapai Rp 10.000/ kg.

Lanjutnya  di pasar Kebun Roek, tim menemukan   beberapa pedagang yang membeli  minyak  goreng merk tertentu kepada pelaku usaha masih menggunakan sistem jual bundling dengan barang lain.

Karena itu, untuk menstabilkan harga sejumlah bahan pokok tersebut, Bank Indonesia mengadakan operasi pasar di pasar Pagesangan dengan menjual beras dan telur.

,"Pada operasi itu, yang mana telur di jual dengan harga Rp 50.000/ tere, "terangnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar