SPACE IKLAN

header ads

Peringati Hari Gunung Internasional, SEMPARA Lombok Timur Adakan Ini

Dalam rangka memperingati Hari Gunung Internasional yang jatuh pada tanggal 11 Desember, Sempara Lombok Timur adakan Penanaman 1001 bibit pohon di wilayah mata air kecamatan aikmel.

Oleh. Ahm
Senin 12 Desember 2022.

LOMBOK TIMUR, WARTABUMIGORA - Dalam rangka memperingati Hari Gunung Internasional yang jatuh pada tanggal 11 Desember, Sempara Lombok Timur adakan Penanaman 1001 bibit pohon di wilayah mata air kecamatan aikmel dan sekitarnya khususnya di mata air aik koak desa aikmel Utara, (Minggu, 11 Desember 2022).

Mata air aik koak sendiri salah satu mata air yang ada di desa aikmel utara, yang dimana mata air aik koak sendiri adalah mata air terbesar ke tiga di kabupaten Lombok timur dulunya, namun dalam sekian tahun silam, volume mata air ini sudah sangat berkurang dan sudah terbengkalai.

Dan tidak hanya mata air aik koak juga, namun beberapa mata air yang ada di lingkup kecamatan aikmel, sudah mulai tak terawat dengan volume air setiap tahunnya berkurang.

Sehingga dari masalah yang ada, Organisasi Pecinta alam yang ada di kecamatan aikmel yaitu Sempara Lombok Timur yang berkolaborasi dengan DLHK Lotim, BPDAS HL Dodokan Moyosari, Formal Aikmel, Alam Nusantara, Pemdes dan Karang Taruna Aikmel Utara, Karang Taruna Aikprapa beserta IPNU Cabang Lotim, serta masyarakat setempat, mengadakan kegiatan penanaman 1001 bibit pohon di lingkup Mata air aik koak.


Penanaman ini laksanakan pada hari Minggu tanggal 11 Desember 2022 dengan mengambil tema "Bersedekah Untuk Bumi"  demi keberlangsungan mata air, kegiatan ini berlangsung mulai dari pagi sampai sore hari.

Di kesempatan tersebut, Ketua Panitia, Muhammad Iqbal Hariadi selaku Koordinator Divisi Konservasi Lingkungan Hidup di Sempara Lotim, menyampaikan bahwa tanpa kita sadari semua, sebenarnya kita sekian banyak mata air yang ada di kecamatan aikmel ini hanya beberapa saja yang di jaga dan yang dirawat, sisanya terbengkalai atau bisa dikatakan sudah tidak berfungsi lagi, sekarang kita sebagai pemuda dan masyarakat yang faham akan perubahan yang terjadi, sudah saatnya untuk bergerak bersedekah untuk bumi kita, imbuh pria yang akrab di sapa Bakil itu.

Selain itu, DLHK Provinsi NTB yang di wakili Bapak Jamaludin Islam, menjelaskan bahwa kami sangat berterimakasih kepada semuanya karena sebenarnya ini juga adalah salah satu program rutin kami namun pada saat ini kita semua bisa melaksanakannya dan kami sangat memberikan apresiasi kepada panitia dan semua yang terlibat pada kegiatan kali ini.

 "Kami bersyukur sekali bisa di bantu dan diwakilkan oleh teman-teman semua karena kami tidak langsung turun ke tempat yang kecil atau ketempat yang tidak bisa kami jangkau", jelasnya

Sementara itu, Ketua Alam Nusantara, Efoel Gawah, Sekaligus Dewan Presidium Formal Aikmel, menerangkan bahwa mari kita pikirkan masa depannya yaitu kita buat rekomendasi semua organisasi yang hadir pada hari ini untuk perluasan lahan penanaman paling tidak satu hektare, karena seperti yang kita lihat pada hari ini, tempat penanaman kita hanya sedikit, rekomendasi itu kita berikan kepada bupati dan pejabat terkait, ungkap Efoel Gawah.

Hadir dalam kegiatan ini yaitu KPA, OPA, Sispala yang ada di Lombok Timur, LAN, DLHK Lotim, Formal Aikmel, Pemdes dan Karang Taruna Aikmel Utra, Karang taruna Aikprapa, IPNU Cabang Lombok Timur serta Masyarakat Setempat. 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar