SPACE IKLAN

header ads

Senam Zumba Party The Sister Pejatian Bugar, Jantung Sehat, Badan Segar Bugar

Senam Zumba Party The Sister Pejatian Bugar, Jantung Sehat, Badan Segar Bugar.

Oleh. Mell
Minggu 12 Februari 2023.

JAKARTA, WartaBumigora.id -  Olahraga Senam Zumba termasuk olahraga yang cukup populer di Indonesia, karena banyak sekali ditemukan tempat senam yang menjamur di sekitar kota. 

Olahraga Senam Zumba biasanya dilakukan oleh wanita tapi tidak juga karena pria juga suka ikut dalam olahraga senam ini. Senam adalah salah satu olahraga yang mengandalkan aktifitas gerak baik sebagai olahraga maupun sebagai cabang olahraga lainnya.

Hal ini seperti yang menjadi agenda tetap Klub Zumba Party The Zister (Zptz,red) Pejatian Bugar.  Pejatian Bugar yang didominasi kalangan emak-emak ini secara rutin menggelar senam bersama setiap Sabtu. Semangat emak-emak untuk menjaga jantung sehat, badan segar bugar jumlah keanggotaannya pun ratusan. Tentunya menjadi penyemangat bagi mereka untuk berolahraga senam.

Kegiatan rutin senam Zumba Party The Zister (Zptz) Pejatian Bugar ini seringkali dilaksanakan di Taman Maju Bersama Pejatian (TMB Pejatian,red) Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Tentunya suasana Taman yang indah dan asri ini semakin menambah semangat untuk olah kebugaran dengan Senam Zumba. Dan tampak terlihat antusias warga saat dipagi hari bersenam ria di Taman Pejatian.

Warga Jakarta dan komunitas dari Zumba Party The Zister sangat mendukung Pemprov DKI Jakarta Dinas Pertamanan Dan Hutan Kota, khususnya telah membangun taman dengan sarana serta prasarananya yang sangat mendukung. 

Selain itu, dari team pengamanan (Pamdal,red) selalu siap siaga dan melayani semua pengujung taman dan dari team perawatan taman terlihat sangat menjaga kebersihan dan keindahan taman.

Dengan suasana taman sangat mendukung untuk berolahraga bersama, terlebih pada hari Sabtu  atau Minggu pagi tentunya menjadi penyemangat bagi emak-emak.

Taman-taman yang ada di 5 (lima) wilayah Jakarta ini disediakan untuk warga DKI Jakarta dengan harapan menjadi rumah ketiga, setelah kantor, rumah dan Taman. Hiruk pikuk, kebisingan lalulintas pun bisa dinikmati di Taman Pejatian, belum lagi aktivitas Kereta Api yang melintas setiap saat pun juga tampak didepan mata saat menikmati suasana Taman Pejatian.

Sehingga Taman Pejatian yang didesain kolaborasi ala jadul dan milenial ini memiliki kesan unik dan nyaman. Wajar saja jika warga Jakarta tidak pernah sepi beraktivitas di Taman Pejatian. 

Adalah Bu Nyoman salahsatu peserta Klub Zumba Party The Zister Pejatian Bugar  (Zptz,red) Pejatian Bugar mengatakan bahwa,”Senam khusus untuk kesehatan jantung seperti senam kesehatan jasmani, terutama yang dilakukan beramai-ramai tak hanya bakal seru tapi juga sangat bermanfaat dan menjadi cara melancarkan peredaran darah. Ketika aliran darah lancar, otomatis pembuluh darah tak gampang terkena sumbatan,” jelas Bu Nyoman kepada Lapan6online.com, pada Rabu,(11/02/2023).

Masih menurut  Bu Nyoman,”Jantung kita dapat bermasalah karena pada umumnya terjadi sumbatan pembuluh darah oleh lemak dan kolesterol jahat bukan? Menurut salah satu instruktur Zin Nana dengan melakukan senam khusus untuk jantung yang biasanya dilakukan selama setengah jam, tubuh justru terbantu untuk memperoleh kebutuhan oksigen sekaligus sebagai cara membakar lemak yang sederhana namun efektif sehingga lemak dan kolesterol tak menghalangi aliran darah,” tambahnya.

Para anggota Zumba Party The Zister Pejatian Bugar ini memiliki instruktur terlatih, yaitu Zin Nana, Zin Mala dan Zin Arnyta sebagai motivasi dan semangat untuk berolahraga.

Secara terpisah Zin Mala menjelaskan bahwa,”Olahraga senam juga merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Olahraga sebagai bentuk latihan kebugaran jasmani sangat penting dilakukan untuk mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. 

" Karena, gaya hidup jarang beraktivitas fisik adalah salah satu faktor risiko utama terkena penyakit jantung,” jelas Zin Mala.

Zin Mala menambahkan bahwa,”Senam zumba adalah program kebugaran tari yang diciptakan oleh penari Kolombia dan koreografer Alberto "Beto" Perez pada tahun 1990-an. Ini adalah sebuah program latihan tari latin yang terinspirasi sangat luas dan tersebar yang dimulai pada tahun 2001 dan popularitasnya telah berkembang pesat hingga saat ini. Dan Ada beberapa manfaat senam zumba yang bisa Anda dapatkan, antara lain.

" Mengurangi stress, Menjadi sarana bersosialisasi, Menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal, Mengendalikan tekanan darah, Menjaga kesehatan jantung. Ketika melakukan senam zumba, detak jantung akan meningkat dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen pun akan naik. Hal ini membuat senam zumba dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular,” tambahnya.

Sementara itu, Zin Arnyta juga menambahkan bahwa,”Jantung seseorang akan semakin kuat dan sehat apabila ia menjalani hidup aktif atau rajin berolahraga. Ketika berolahraga, jantung akan bekerja dengan optimal untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Olahraga teratur juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan memastikan darah mengalir dengan baik, membakar kalori, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat LDL, meningkatkan kolesterol baik HDL, menjaga berat badan ideal.

" Ya menghilangkan stres, memperbaiki mood dan kepercayaan diri, hingga membantu tidur lebih nyenyak. Mari Senam bersama Zumba Party The Zister Pejatian Bugar pasti bermanfaat seraya menjalin persaudaraan,” pungkasnya. 


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar