SPACE IKLAN

header ads

Kolaborasi Dengan Pengamat OP DAS Rontu Bersih-bersih Sungai.

Foto. Istimewa

Oleh. Dae Eldan
Minggu, 24 September 2023
Editor. Bq Nining

KOTA BIMA, WartaBumigora - Gotong-royong pembersihan sampah dan tumbuhan liar/ilalang di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Rontu Kecamatan Raba Kota Bima Minggu, 24 September 2023.

Mendekati musim penghujan Komunitas Masyarakat Peduli Sungai (KMPS) DAS RONTU melaksanakan kegiatan rutinitas sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Sepanjang sungai Rontu diprakarsai oleh kmps kolaborasi bersama Pengamat OP DAS Rontu  Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1 (BWS-NT I) 

Turut mengikuti gotong-royong yankni, Pemerintah kelurahan Rontu, RT, RW, LPM, TSBK, Karang Taruna, Rumah Aspirasi, Pokdarwis, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat Rontu.

Sekretaris kmps "Rawin Fals" menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah prefentif untuk mengurangi resiko bencana Banjir pada saat musim penghujan nantinya, kami melaksanakan bersih-bersih sepanjang sungai rontu", ungkapnya.

"Mengajak semua warga agar tetap menjaga sungai dan air merupakan tanggung jawab bersama kita semua, air merupakan sumber kehidupan manusia dan ekosistem lainnya", Harap Rawin.

Kepala Pengamat OP (DAS Rontu) "Suherman" Sungai merupakan sumber utama untuk memenuhi air bagi manusia. Banyak masyarakat menggantungkan sumber air bersih yang berasal dari sungai. Namun kepedulian terhadap sungai masih belum tumbuh dengan baik dalam pribadi setiap orang. Hal ini terlihat dari adanya pencemaran yang terjadi pada sungai seperti pembuangan sampah ke sungai", Terangnya.

"Kebersihan dan kelestarian sungai tidak dapat dijaga oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat saja, Namun harus ada kepedulian dan kesadaran dari masyarakat untuk mengelola dan melestarikan sungai di daerahnya", harap Suherman.

Kata Suherman "Dalam hal ini Kami dari Pengamat OP SDA (Das Rontu) lewat mitra kami KMPS Rontu selalu melakukan giat Rutin tuk melakukan bersih-bersih Sungai,yg pada hari ini : Minggu 24 September 2023,  dan harapan kami' insya Allah kegiatan ini akan terus kami jaga dan lakukan bersama mitra kami KMPS2 yg ada di Das Rontu kota Bima".

"Terima kasih kami pengamat OP Das Rontu Pada KMPS Rontu yg pada hari ini Minggu 24 September 2023 telah melakukan kegiatan kepeduliannya pada sungai yaitu dengan melakukan kegiatan bersih-bersih Sungai bersama elemen KMPS dan warga di sekitar sungai", tutup

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar