SPACE IKLAN

header ads

Panglima TNI Agus.S. Membuka Kemungkinkan Peran Sipil Masuk Ke Brigade Komposit Di Operasi Gaza

Foto. Istimewa. 

Senin, 17 Juni 2024.
Oleh. Mell
Editor. Baiq Nining. 

𝓦𝓪𝓻𝓽𝓪𝗕𝗨𝗠𝗜𝗚𝗢𝗥𝗔.ID,JAKARTA- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan bahwa masyarakat sipil dapat bergabung dengan pasukan perdamaian untuk membantu warga PaIestina di Gaza. “Kemenlu yang akan mengatur,” ujar Agus di kantor MUI, Menteng (14/6/2024).

Agus menjelaskan bahwa salah satu pasukan perdamaian yang dikirim, yaitu Batalyon Zeni, bertugas membangun fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, rumah tinggal, tempat ibadah dan tempat rehabilitasi. Fasilitas-fasilitas ini akan diisi oleh tenaga ahli untuk melayani warga PaIestina.

Ia mencontohkan kebutuhan tenaga ahli di bidang trauma healing untuk rehabilitasi korban perang. “Untuk rehabilitasi butuh personel dengan kemampuan psikologi untuk trauma healing. Mungkin bisa juga dari sipilnya,” tambah Agus.

Namun, Agus tidak menjelaskan prosedur dan persyaratan bagi masyarakat sipil yang ingin bergabung. TNI telah menyiapkan 1.394 personel pasukan perdamaian untuk misi di Gaza, termasuk tugas pengamanan, pembangunan fasilitas umum, dan layanan kesehatan.

Masyarakat sipil dibutuhkan untuk tenaga ahli

Agus mengatakan, masyarakat sipil bisa menempati bagian tenaga ahli yang dibutuhkan di fasilitas umum yang tengah dipersiapkan untuk korban perang di Jalur Gaza.

Ia mencontohkan, masyarakat sipil bisa menjadi tenaga ahli di bidang pengobatan trauma atau trauma healing di tempat rehabilitasi.

"Nah, untuk rehabilitasi butuh personel yang punya kemampuan psikologi untuk trauma healing. Mungkin bisa juga dari sipilnya," katanya.

Namun, Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu juga tidak menerangkan secara rinci persyaratan yang harus dipenuhi warga sipil untuk bisa ikut bersama pasukan TNI ke Gaza.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar