SPACE IKLAN

header ads

Luar Biasa! Geliat Ekonomi Desa Kades Mareje Timur Bangun Pertashop (SPBU)

Kepala Desa Mareje Timur H. Hadran.

WARTABUMIGORA LOMBOK BARAT - Kali ini Pemerintah Desa (Pemdes) Mareje Timur Kecamatan Lembar Lombok Barat NTB mengubah strategi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan sebuah konsep membuat Pertashop, sebuah konsep Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berskala kecil milik Pertamina yang akan dikelola oleh unit usaha BUMDes.

Pertashop Desa Mareje Timur ini tentu akan dibangun pertengahan tahun 2021 bekerja sama dengan BUMDes.

" Ya Ada bumdesmart,, ada bank desa,, pertades ,, dan wistaa ,, lapangan bola,, kita serahkan jadi unit usaha BUMDes serta perencanaan ini sudah matang, bahkan anggaran dananya sudah disiapkan oleh pihak BUMDes, dan kita masih cari lahan dimana posisi yang tepat saja," jelas Kepala Desa H. Hadran saat ditemui wartabumigora.id. Senin (8/2/21).

Menurut H. Hadran, kegiatan ini dimaksud guna mempermudah alur masyarakat setempat, karena letak geografis desa Mareje Timur di perbukitan, tentu kesulitan masyarakat untuk ke Pertamina sangat jauh.

Disamping itu juga, lanjut H. Hadran, kedepan desa Mareje Timur mempunyai peluang yang sangat besar, baik dari segi pertanian, peternakan, serta perkebunan sampai agrowisata telah dipersiapkan.

" Kita telah wacanakan kedepan desa mareje timur menjadi pilot agrobisnis serta agrowisata di lombok barat," harapnya.

Bahkan untuk sementara ini, pihaknya telah melakukan MoU dengan sejumlah Kelompok HKM dengan pihak BUMDes guna melakukan terobosan baru untuk bersama - sama mengelola produk hasil perkebunan, yang tentunya nanti melibatkan semua kelompok tani yang ada.

" Tidak hanya itu, nanti dari BUMDes sendiri akan membantu kebutuhan para petani, baik berupa modal maupun lainnya. Ya tentu juga hasil pertanian nantikan langsung pihak BUMDes yang ambil sesuai dengan harga pasar," katanya.

Tidak hanya hasil pertanian, Kini geliat wisata terus dikebut oleh Pemerintah Desa Mareje Timur, dengan melakukan persiapan - persiapan lokasi embung pandan wangi, berupa pembuatan pos loket, serta penataan tamannya dan persiapan jalan transportasi sepanjang alur menuju ke wisata embung pandan wangi, yang saat ini sudah di programkan pemerintah lombok barat melalui PUPR.

" Insyallah dalam waktu dekat jalan menuju embung pandan wangi akan di aspal," katanya.

Itu semua tak lepas dari dukungan masyarakat serta pemerintah kabupaten lombok barat yang selama ini berjuang. Terutama Pokdarwis Desa Mareje Timur.

" Tentu itu semua nanti kita serahkan ke pengurus Pokdarwis dan bermitra dengan BUMDes, dan pungsional pemerintah desa hanya sipatnya memantau saja. Termasuk nanti penguasaan lapangan bola yang insyallah akan di kerjakan tahun ini juga," Jelas H. Hadran.(*).

Baca Juga

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Nah ini baru bagus,dalam mengelola Bumdes,disamping MASARAKAT desa mareje lebih mudah dalam membeli bahan bakar sangatlah tepat kepala desa mareje menyalurkan dan dan mengelola Bumdes agar lebih subur dalam pengelolaan,saya bangga pada kepala desa mareje

    BalasHapus