SPACE IKLAN

header ads

Luar Biasa! SMK Negeri 1 Batukliang Utara Menjadi Sekolah Favorit dan Binaan DPW Dinas LHK di Lombok Tengah

Kepala SMKN 1 Batukliang Utara, Akhmad Husni, S.Pd.,MM.saat berpose di depan Sekolah SMK Negeri 1 Batukliang Utara Lombok tengah.

Oleh. Wir
Senin 29 Agustus 2022.

LOMBOK TENGAH - Pengurus Dharma Wanita (DWP) Dinas LHK Provinsi NTB, menjadikan SMK Negeri 1 Batukliang Utara sebagai lembaga pendidikan binaanya.Tiga orang pengurus Inti DWP Dinas LHK beserta Kabid LHK, hadir ke SMKN 1 Batukliang Utara dalam rangka penjajakan dan survey lokasi sekolah binaan, sebelum mulai menjalankan programnya. Sabtu, 27/8/2022.

Pengurus DWP LKH Dinas Prov.NTB, Ibu Murni yang sekaligus (Kasi PD SMA di Dinas Dikbud NTB), Ibu Ketua DWP Dinas LHK NTB (Dosen Psikologi), Ibu Kabid (Guru SMKNPP Mataram), serta Pak Kabid Dinas LHK NTB. 

Di kesempatan tersebut diadakan pertemuan bersama Kepala Sekolah dan guru-guru SMKN 1 Batukliang Utara.  

Ketua DWP Dinas LHK Provinsi NTB menyatakan dipilihnya SMKN 1 Batukliang Utara sebagai sekolah binaan, karena sekolah ini memang berada di lingkungan kawasan Hutan lindung yang menjadi binaan dari Dinas LHK Provinsi, yang sekaligus juga Program kami DWP Dinas LHK tersebut. Selain itu, DWP ingin menunjukkan bahwa DWP dapat berbuat dan menjalankan programnya di luar, berupa program pembinaan dan pendampingan mengelola potensi Sumber Daya Manusia Masyarakat dan Sumber Daya Alam yang ada di lingkungannya agar dapat bermanfaat, serta berguna dalam meningkatkan ekonominya.

Setelah berdiskusi, disepakati ada 3 (tiga) program kegiatan yang mungkin dapat dilaksanakan oleh DWP Dinas LHK  bersama keluarga besar SMKN 1 Batukliang Utara, yaitu; penanganan Sampah, pendampingan pengolahan dan pembuatan Produk pertanian, serta pembinaan literasi.

Pelaksanaan program ini melibatkan semua warga sekolah karena itu, akan dilakukan sosialisasi tentang ketiga program tersebut, dan selanjutnya pembinaan dan pendampingan untuk 3 bulan ke depan yang akan dimulai September 2022 mendatang.

Kepala SMKN 1 Batukliang Utara, Akhmad Husni, S.Pd.,MM., mengatakan bahwa Ketiga program ini akan dimulai dari Sosialisasi tentang Sampah  pada Hari Sabtu, 10 September 2022 oleh Dinas Lingkugan Hidup Bidang Persampahan.Selanjutnya untuk program pengolahan dan pembuatan produk akan langsung dibina oleh Ibu Kabid LHK, yang mana Pengolahan dan pembuatan produk akan dibina dan didampingi sampai pada tahap pengemasan.  

Ditanya tentang produk yang akan dibuat, Husni menjawab, sesuai penjelasan Ibu Kabid dan kesepakatan, rencananya akan membuat Produk berupa Kripik Talas dan Minuman Jahe Instant, karena menurut Ibu Kabid kedua ini merupakan hasil Hutan bukan kayu.

" Dan untuk program ketiga, yaitu pembinaan Literasi akan disosialisasikan oleh Ibu Ketua DWP Dinas LHK, yang akan mengarahkan peserta didik dan warga sekolah untuk mencintai lingkungan, mengingat beliau adalah seorang Master Psikologi." Jelasnya.

lanjut ia jelaskan Husni, sangat yakin jika program yang akan dilaksanakan oleh DWP Dinas LHK di sekolahnya akan terlaksana dengan hasil sesuai dengan rencana, karena walaupun sekedar penjelasan awal saja oleh Ibu-Ibu DWP tentang ketiga program ini, namun  sudah benar-benar dapat meyakinkan. Hal itu tampak dari semangat dan antosias ketiga Ibu DWP LHK  yang menguraikan program tersebut secara riil berdasarkan kapasitas keilmuan yang mumpuni serta pengalaman beliau di lapangan.

" Ditambah lagi dengan air muka yang berseri dan ihlas dari ibu-ibu DWP Dinas LHK memberikan isyarat bahwa program ini akan sangat berguna bagi kami warga SMKN 1 Batukliang Utara dan masyarakat sekitar nantinya, " kata Husni.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar