SPACE IKLAN

header ads

PT Gudang Garam Bangun Bandara Umrah dan Tol di Jawa Timur

Ilustrasi.

Oleh. Ton
Minggu 4 Desember 2022.

JAWA TIMUR, WARTABUMIGORA -- Jawa Timur, Minggu 5/12/2022. PT Gudang Garam Tbk jor-joran membangun infrastruktur di Kediri, Jawa Timur. Perusahaan raksasa rokok ini membangun bandara hingga menginisiasi pembangunan jalan tol sepanjang 44,51 km. Dilansir dari CNBC Indonesia.

Gudang Garam dinyatakan sebagai pemenang tahapan prakualifikasi tender Tol Kediri-Tulungagung yang akan menghubungkan kota Kediri dengan Kabupaten Tulung Agung.

Rencananya tahun depan akan dilakukan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang akan dilanjutkan dengan pendanaan, perencanaan teknis hingga pelaksanaan konstruksi.

“Untuk tol Kediri-Tulungagung rencana PPJT di kuartal-IV tahun 2023,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit kepada CNBC Indonesia, dikutip Sabtu (3/12/2022).

Untuk diketahui tol ini juga merupakan lanjutan dari tol Kertosono-Kediri yang akan melintasi kawasan bandara Dhoho di Banyakan, Kabupaten Kediri. Adapun nilai investasi tol ini mencapai Rp 10,25 triliun untuk 50 tahun masa konsesi.

Kedua proyek ini merupakan proyek prakarsa perusahaan (unsolicited).

Seperti diketahui, Gudang Garam tengah membangun Bandara Internasional Dhoho, melalui anak usahanya PT Surya Dhoho Investama (SDHI). Pembangunan bandara ini murni tanpa menggunakan APBN.

Hingga Juni 2022, progres pembangunan Internasional Dhoho Kediri ini mencapai 50%, di mana untuk progres pekerjaan tanah sudah 83,16%, pada sisi udara atau air side 15,35% dan sisi darat 3,06%.

Bandara ini dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp 6 triliun. Dirancang memiliki terminal penumpang seluas 18.000 meter persegi, diproyeksikan berkapasitas 1,5 juta penumpang per tahun.

Nantinya bandara ini direncanakan akan melayani penerbangan umrah dari Kediri.

“Jadi nanti haji di sekitar Kediri itu akan dengan mudah ke Tanah Suci atau umrah. Ini dari Garuda dari Batik juga sudah melirik, ‘boleh nggak saya ke sana’ boleh,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam acara penandatanganan perjanjian Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar