SPACE IKLAN

header ads

SMKN 1 Monta Bima jurusan ATU, Diajar Tehnik Memelihara Ayam Broller

Foto. Istimewa.

Oleh. Ipul.
Minggu, 12 Agustus 2023.
Editor, BQ. Nining.

BIMA, WartaBumigora - Salah satu jurusan yang ada di SMKN 1 Monta berlokasi Desa Sie kecamatan Monta kabupaten Bima  adalah Agribisnis Ternak Unggas (ATU). Jurusan yang baru berdiri tiga tahun ini memiliki prospek yang luar biasa untuk mencetak siswa yang kreatif dan berjiwa wirausaha.

Kepala SMKN 1 Monta, M. OLAN WARDIANSYAH, S.Pel.,M.Pd, mengatakan, sama media ini diiruangan kerja, Sabtu (12/08-23), jurusan ini memiliki prospektif sangat besar bagi kemajuan usaha generasi muda ke depan.

"Pada jurusan ini, siswa dilatih secara profesional dengan tujuan kelak mampu membangun bisnis di bidang peternakan. Selama berada di sekolah, siswa dilatih langsung mulai dari membuat kandang ayam, hingga pemeliharaan ayam," jelasnya.

Saat ini, para siswa jurusan ATU sedang Memelihara bibit ayam Broiler atau ayam pedaging nanti menyiapkan kandang untuk dipisahkan kalau bibit sudah umur 25 hari.

Kandang pemeliharaan ayam broiler atau pedaging seperti pemasangan tirai dan pemasangan instalasi air minum. Semua siswa jurusan ATU haru diajar dengan segala teknis pemeliharaan. 

"Dengan adanya kandang ayam broiler ini siswa ATU nantinya bisa belajar menggunakan sistem Teaching Factory (TEFA), di mana siswa nantinya mampu menguasai keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan kata lain dijadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa jurusan ATU untuk memasuki industri peternakan," katanya.

Agribisnis Ternak Unggas sendiri merupakan salah satu  kompetensi keahlian yang ada di SMKN 1 monta pembelajarannya adalah di ternak unggas, seperti ayam broiler.

" Materi yang dipelajari meliputi bagaimana menyiapkan kandang dan fasilitas ternak unggas, memberikan pakan, menangani limbah, menyusun perencanaan usaha, hingga memelihara ternak. Hasil dari pemeliharaan ayam diajarin mengolah daging baru dijual kepasar," tutupnya.

Baca Juga

Posting Komentar

1 Komentar